2014-04-28

[Review] Bi-Pro Magazine Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1

Tags
Bisnis adalah semangat kewirausahaan. Demam kewirausahaan yang dimulai pada 90-an akhir, menjadi pemantik menggeliatnya kaum muda dalam menterjemahkan semangat kemudaannya dalam rupa kemandirian berusaha.

Bi-Pro Magazine mencoba menangkap semangat tersebut dengan membuat media berbasis daring, yang rencananya akan memuat informasi bisnis sekaligus media promosi bagi para pelaku usaha tersebut.

Bagaimana pun, setiap usaha butuh sosialisasi. Bahasa sekarang disebut branding. Baik yang sifatnya soft (liputan, siaran pers) maupun dengan jalan straight (langsung) dengan memanfaatkan jasa periklanan di media, seperti media Bi-Pro Magazine ini.

Jika dilihat dari usianya, Bi-Pro Magazine masih sangat belia. Resmi di-launching pada 11 Desember 2013 lalu. Dengan semangat ingin Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1, tentu kita semua layak mengapresiasi semangat tersebut. Apalagi, dengan format penerbitan online, ini akan mendukung pula semangat paperless-office. Mengurangi penggunaan kertas.

Hingga saat ini, ada puluhan artikel yang telah diposting. Kita dapat dengan mudah mengakses semua berita dan informasi. Baik melalui menu bar (1) maupun slide news (2) di bagian bawah header. Jika ingin mengetahui berita terkini, cukup geser slide news ke kanan atau ke kiri.
Gambar 1. Tampilan Bi-Pro Magazine
Sedangkan jika ingin membaca berita bisnis atau informasi usaha sesuai dengan kategori bisa memilihnya melalui menu bar. Selain kedua bantuan menu di atas, kita juga bisa mengakses berita-berita populer di side bar sebelah kanan (4). Yang berdampingan dengan info pariwara yang mulai ramai di sisi kanan tersebut.

Pariwara mulai ramai. Pembaca tentu memahami bahwa nyawa sebuah web berita adalah pada iklan yang mereka terima. Selain itu, iklan yang terpasang, juga menunjukkan Bi-Pro Magazine sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Oya, sesuai dengan temanya yang ingin menjadikan situs ini Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1, maka mari kita bantu mewujudkannya dengan jalan memberikan sedikit analisa.

(Note : Saya akan gunakan bahasa langsung, mohon maaf jika ada yang terlalu menohok. Saya kira cukup banyak review yang terlalu berbunga-bunga, namun tidak menyentuh esensi dari tujuan Bi-Pro Magazine itu sendiri. )

Apa yang pertama harus dilakukan?
Tentu pekerjaan pertama adalah mengisi konten web dengan tulisan yang baik, berita yang aktual dan ragam kisah sukses pebisnis, baik lokal maupun nasional hingga mancanegara, yang akan mampu memberi inspirasi kepada pembaca.

Semangat itu saya lihat sudah ada, namun belum maksimal. Redaksi sepertinya masih tergagap dan belum menemukan pola pemberitaan ala portal berita online. Kita ambil saja, dalam slide berita yang sepertinya disusun berdasarkan tanggal posting, paling banyak hanya empat posting dalam satu hari.

Seharusnya, hemat saya, redaksi bisa menghadirkan lebih banyak konten aktual. Paling tidak, satu kanal berita berisi satu postingan per hari. Artinya, dengan jumlah kanal informasi yang tersedia, tinggal kalikan saja. Maka itulah hendaknya yang menjadi target redaksi dalam mengisi konten.

Jika di media cetak - kita sandingkan dengan majalah edisi bulanan, karena sama-sama menganut format magazine - cukup satu artikel tiap rubrik dan mempunyai tenggat deadline di tingkat redaksi bulanan rata-rata dua minggu.

Maka di redaksi online, tenggat deadline itu adalah setiap saat! Sesuai kesepakatan internal redaksi. Apakah akan naik tiap lima belas menit, tiap setengah jam. Yang pasti, karena sifat media online adalah kecepatan maka mau tak mau, harus menyesuaikan dengan sifat dasar media online.

Jika tidak, Bi-Pro Magazine akan terjebak menjadi semacam situs blog saja.

Mengapa harus banyak konten?
Terlepas dari mengikuti sifat dasarnya, konten website yang kaya akan mengundang pembaca dan yang lebih penting lagi, menaikkan kredibilitas website itu sendiri.

Alasan datangnya pembaca ke sebuah website berita ataupun penyedia informasi, adalah untuk mendapatkan berita terbaru. Jika pun bukan berita terbaru, maka mereka ingin mendapatkan berita yang menarik. Jika pembaca saja malas datang, karena beritanya itu-itu saja serta kontennya tidak unik - cenderung sama dengan konten website yang sejenis, maka bisa dipastikan pengunjung akan sepi.

Jika pengunjung sepi, bagaimana mungkin pelaku usaha tertarik dengan website tersebut?

Desain
Jujur. Penampilan website Bi-Pro Magazine sangat biasa sekali. Masih terkesan amatiran. Padahal sekarang sudah banyak template web yang gratisan namun elegan bertebaran. Atau jika memungkinkan bisa memanfaatkan jasa web desainer, yang akan memberikan sentuhan atraktif dan responsif. Sayang jika semangat ingin menjadi Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1 tersebut tidak dieksekusi sempurna di sektor ini.
Gambar 2. Tampilan iklan mengambang yang cukup mengganggu.
Bagian dari website yang juga sangat mengganggu justru iklan mengambang. Saya berpikir, mudah-mudahan ini dalam rangka memeriahkan kegiatan perlombaan blog ini saja. Karena, begitu banyaknya bertebaran iklan dan link informasi ini. Dan dikhawatirkan akan sangat mengganggu pembacanya.

Popularitas
Dari bulan November 2013 - April 2014, secara kasar sudah lima bulan website ini berdiri. Seharusnya website ini sudah banyak mengindeks berita-beritanya di Google, Bing atau mesin pencari lainnya.

Karena bagaimana pun, sebagian besar arus pengunjung website datang melalui mesin pencari. Mari kita uji dengan dua website bantuan untuk melihat peringkat PR (pagerank) Google dan peringkat Alexa.

1. PageRank Google
Gambar 3. PageRank Bi-Pro Magazine belum tersedia

Dengan menggunakan situs PRchecker.info maka kita lihat bahwa situs ini belum diranking sama sekali, alias N/A (not available) atau tidak tersedia. Idealnya, untuk website berita dengan update tiap hari, dalam jangka 6 bulan, PR-nya bisa tembus minimal 1! Ayo Bi-Pro Magazine!

Redaksi harus kerja keras mengurus hal ini, mengingat dengan tidak tersedianya ranking ini, maka setiap halaman berita yang ada di Bi-Pro Magazine sulit untuk terindeks dan masuk ke dalam pencarian Google.

2. Alexa
Gambar 4 . Popularitas Bi-Pro Magazine menurut situs pemeringkat Alexa
Melalui situs pemeringkat ini pula, kita juga mengetahui bahwa peringkat Alexa di level dunia masih di atas 1 juta dan untuk wilayah nasional saja masih berkisar empat belas ribuan. Hal ini sekali lagi masih menjadi PR besar redaksi dan manajemen Bi-Pro Magazine jika ingin benar-benar mewujudkan diri sebagai Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1.
Gambar 5. Jumlah Link Masuk ke situs Bi-Pro Magazine
Dari laman web yang sama, kita juga bisa melihat jumlah link yang masuk. Sayangnya, dari ke lima link besar yang menjadi penyuplai back link tersebut, tidak ada yang penting (baca : situs kredibel) bagi peningkatan popularitas situs Bi-Pro Magazine. 

Berdasarkan pantauan, belum ada pengunjung yang datang dari Facebook dan Twitter. Padahal Bi-Pro Magazine sendiri sudah punya akun Facebook dan rutin memberikan link langsung ke setiap postingan. Begitu pula dengan Twitter. 


Gambar 6. Tampilan Fanpage Bi-Pro Magazine dengan 675 Like bergabung sejak 14 Nov 2013
Gambar 7. Tampilan Timeline Bi-Pro, baru gabung per tanggal 22 Maret 2014
Namun tetap saja, redaksi dan manajemen harus intens melakukan berbagai cara agar websitenya banyak dikenal dan dikunjungi oleh pembaca. Kepalang sudah berniat ingin terjun ke bidang media online, lebih-lebih menjadi sarana promosi, redaksi dan manajemen harus melakukan langkah revolusioner agar keinginan menjadi nomor 1 tersebut bisa terwujud.

Selain PR di bidang peningkatan popularitas websitenya, saya kira pendekatan off-air juga bisa dilakukan. Seperti menjalin sinergi dengan berbagai pihak yang berkepentingan, memetakan komunitas entrepreneur, barter iklan dengan aneka benefit yang diharapkan, kerjasama voucher diskon dan sebagainya.

Selamat bekerja Bi-Pro Magazine. Saya tunggu perbaikan mendasar dalam menyajikan dan pengayaan kontennya.

Kawan sejati ada di saat terpuruk
Memberi pegangan bukan ikut terpuruk
Tak juga memberi sanjungan yang muluk-muluk

Fans yang setia jujur memberi masukan 
Di setiap keadaan
Ayo Bi-Pro Magazine Maju Jalan! 
Mimpi itu mari bersama wujudkan

------
Tulisan ini diikutsertakan dalam ajang lomba penulisan
Lomba karya tulis bloger dengan hadiah total puluhan juta rupiah
bersama Bi-Pro Magazine

2014-04-07

Sambut Brazil 2014

Demam bola akan segera datang. Menjelang kick off World Cup 2014 nanti di bulan Juni akan berulang demam bola. Gegap gempita seakan sudah mulai terdengar, hendak menghangatkan langit di setiap negara peserta. Tak hanya negara peserta, seluruh penggemar bola di pelosok dunia tak akan melewatkan perhelatan akbar ini.

Semua supporter klub akan bersatu membela negara masing-masing. Sedangkan warga negara yang tidak masuk ke dalam 32 negara peserta, akan terhibur dengan pentas bintang sepakbola terbaik sekolong jagat! Inilah olahraga yang mampu melintas batas, melupakan konflik yang ada dan paling populer. Tak heran jika setiap bangsa mulai mengenal dan gembira Sambut Brazil 2014 yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 ini.
Semua berlomba men-demam-kan diri dengan sepakbola. Mulai dari anak SD hingga orangtua. Di ujung pantai hingga ke puncak gunung. Semuanya akan merasakan euforia World Cup 2014 yang bakal diselenggarakan di 12 kota yang ada di Brazil ini. Uniknya, semua orang punya cara Sambut Brazil 2014.

Dan yang paling paten, FIFASTRA dan SPEKTRA juga punya gawean besar-besaran nan futuristik bertajuk SAMBA 2014 atau Sambut Brazil 2014. Dari namanya saja, program ini ditujukan untuk memeriahkan kedatangan musim bola World Cup 2014 nanti. Bukan program sekedar program, tapi ini program yang luar biasa. Terutama bagi para pencinta bola.

Kamu berminat? Yuk simak informasinya bareng Bepe dibawa ya :)) Itung-itung nemaninya latihan nge-juggling bola.

Apa itu Sambut Brazil 2014
SAMBA 2014 atau Sambut Brazil 2014 merupakan program promo undian berhadiah bagi yang mengajukan kredit kendaraan motor Honda, baik baru maupun seken berkualitas serta kredit barang elektronik/ perabot rumah tangga melalui FIFASTRA dan SPEKTRA.

 Program inipun merupakan persembahan atas pencapaian selama 25 tahun FIFASTRA dan SPEKTRA lho.. Jadi semacam syukuran.
Tak hanya memeriahkan, namun melalui program Sambut Brazil 2014 ini FIFASTRA dan SPEKTRA juga akan memberikan hadiah yang sangat mewah. Mau tau?

Sekarang aja udah sepuluh orang yang ketiban rezeki bakal diberangkatkan ke Brazil. Masih ada kesempatan untuk menang di periode kedua ini. (Lihat Tabel di bawah)
Sambut Brazil 2014 Periode Undian
Mau tau caranya ikut Sambut Brazil 2014 dari FIFASTRA dan SPEKTRA ini? Gampang banget!
Sistem pengundian program SAMBA 2014 ini menggunakan poin. Poin-poinnya itu dihitung berdasarkan kriteria berikut ini :

Kemudian, poin-poin itu akan dihitung secara kumulatif menggunakan sistem komputerisasi, bukan menggunakan bukti fisik seperti voucher ataupun kupon.

Kita lihat simulasi perhitungan poinnya secara sederhana : Pakde Zaki jauh-jauh hari sebelumnya, pernah kredit motor di FIFASTRA. Yakni sebelum adanya periode program SAMBA 2014 ini. Lalu, karena anaknya butuh sepeda motor untuk pergi-pulang ke kampus, Pakde Zaki kemudian mengambil kredit motor lagi.

Karena nggak mau ribet, Pakde Zaki mengambil motor Honda Baru tipe Matic, Honda Beat di FIFASTRA. Maka, total poin yang ia terima adalah sebesar 11 poin. Hitungannya, 1 poin kredit baru + 5 poin konsumen lama + 5 poin kredit tipe matic. Paham?

Setiap peserta undian akan dikirimkan SMS Notifikasi dari FIFASTRA & SPEKTRA sebagai tanda keikutsertaan undian SAMBA 2014.
Keterangan lengkap tentang mekanisme undian, langsung aja ke situs resminya Sambut Brazil 2014 di sini atau datangi saja lokasi FIFASTRA dan SPEKTRA terdekat.



Kamu tau nggak, FIFASTRA udah punya 2.000an cabang lho yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Prosesnya juga cepat, nggak lebih dari 90 menit. Makanya, ayo Buruan...
Siapa tau kamu yang berikutnya akan ke Brazil.. Yuhuuuuu, ayo segera Sambut Brazil di Tahun 2014 ini