2011-12-30

Resolusi Juara 2012 : Penghasilan $300 dari internet

Salah satu milestone yang ingin saya capai di tahun 2012 adalah mendapat penghasilan minimal $300 dari internet. Ya, itu resolusi yang  saya buat, dan insya allah akan saya wujudkan di tahun ini. Jangan tanya mendetail bagaimana caranya. Tapi  saya sudah bisa membayangkan pintu-pintu pendapatan yang memungkinkan perolehan tambahan tersebut.

MILESTONE Hidup saya hingga umur 45 tahun
Sekedar mengkilas balik, milestone atau cita-cita besar yang saya buat ada lima buah. Kelimanya mengambil pokok pijakan usia. Tahun 2012, usia saya 30 tahun. Saya berharap bisa mendapatkan penghasilan $300 dari aset di dunia internet. Tahun 2017, atau saat saya berusia 35 tahun, saya ingin mempunyai aset di dunia nyata. Ada tiga jenis bidang aset yang membayang di mata saya. Yakni : Usaha bedeng kontrakan/kost-kostan, Usaha peternakan kambing/sapi dan Usaha Warnet plus.

Di tahun 2022, usia saya insya allah  masuk 40 tahun. Harapannya, saat itu saya ingin sudah mampu menegakkan rumah sendiri. Cukup untuk dua orang anak dan mungkin juga sebagai tempat berteduh di hari tua. Maklum saat ini masih numpang di rumah orangtua. Nah, lima tahun kemudian yakni di tahun 2027, saya ingin menggenapkan rukun Islam dengan berangkat haji ke tanah suci, semoga Allah mewujudkannya. Amin!

Istilah milestone sendiri saya dapatkan dari seorang karyawan Telkom, saat mengisi salah satu kegiatan di kantor. Ya, kantor saya yang bergerak sebagai lembaga amil zakat memang bersinergi dengan pihak PT Telkom Regional Palembang. Ujarnya saat itu, kita harus mempunyai visi yang jelas dalam memandang hidup. dalam kesempatan tersebut ia perkenalkan istilah milestone, agar visi dan cita-cita hidup kita terasa nyata dan dekat sehingga terasa mudah diwujudkan.

Baiklah, mari kita bicarakan tentang resolusi saya sebelumnya yang bersifat short-term. 
Di penghujung tahun 2011, tepatnya semenjak bulan Oktober, saya diajak menjadi seorang co-translator bagi teman saya yang freelance di beberapa agensi penterjemah online. Dan alhamdulillah, saya bisa belajar kembali bahasa inggris secara intensif terutama untuk kepentingan penterjemahan. Dan yang lumayan lagi, walaupun sebatas membantu, saya kecipratan uang lelah. Rata-rata dalam satu bulan itu mendapat Rp 600.000.

Alasan kedua, juga berangkat di tahun 2011, saya juga mendapat kursus gratis mengenai internet marketing dari seorang teman yang punya penghasilan kurang lebih $5.000 per bulan (WOW!). Memang sih bidang yang ia garap multi platform. Mulai menjadi publisher adsense, reseller Amazon, jual beli website dan sebagainya. Tapi, karena ia adalah sahabat karib SMA saya dulu, maka saya merasa yakin kesuksesannya akan dapat tiru. Minimal polanya dapat saya tiru dengan menggunakan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Nah, dari kedua rekan saya tadi saya belajar. Bahwa peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet terbuka sedemikian lebar. Banyak sekali pintu-pintu rizki yang menganga dan dapat segera dioptimalkan. Tahun 2011 menjadi ajang saya mengasah ilmu. Baik memperdalam kembali ilmu bahasa inggris saya, maupun ilmu-ilmu penunjang dari teman satunya. Yakni ilmu SEO.

Maka tahun 2012, adalah tahun pembuktian kerja keras. Pembuktian kesungguhan. Pembuktian bahwa saya bisa meniru pola kesuksesan mereka. Ya, pola kesuksesan, bukan sekedar berharap sukses semata. Melainkan mendapatkan polanya sehingga dapat dengan segera saya tularkan juga kepada orang lain.

Terbetik di sudut hati saya, seandainya setiap orang mempunyai akses yang sama ke teknologi internet ini dan pengetahuan di dalamnya. Saya yakin, anak-anak muda tak perlu lagi menggelembungkan cita-cita untuk menjadi PNS. Tak perlu lagi luntang-lantung tidak karuan, menganggur seusai tamat sekolah.

Dan ilmu-limu inilah yang ingin saya tularkan kepada mereka nantinya. Harapannya setelah berhasil, saya bisa berbagi dengan mereka. Karena kenyataanya manusia membutuhkan contoh terlebih dahulu untuk menarik mereka belajar. Agar mereka tertarik. Doakan saja, semoga saya bisa mewujudkan resolusi saya dan juga mewujudkan berbagi pengetahuan kepada mereka yang berusia produktif tersebut. (*)
 

3 comments

Mantap Pak de, semoga sukses dengan resolusinya...

Trims Mas untuk kunjungan dan doanya..

halo bro

ane mau ngundang tuk ikutan kontes blog
Ga pake ribet kok mas bro..
kalo minat, kunjungi link di bawah ini

http://id.carmall.com/id/main/contest

ikutan ya bro dan semoga menang

thanks

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon