2013-10-07

Kerja di Waktu Fajar

Tags

Ada yang baru dalam siklus pekerjaan saya sebagai seorang freelancer. Saya sekarang memindahkan jam kerja yang semula jam 9 malam - 1 fajar. Menjadi jam 2 - 6 fajar. Ya, menjadi bekerja di waktu fajar.
Kerja di waktu Fajar penuh Berkah
Rasanya? Asem-asin-pedes! Hehehe..

Mulanya, agak berat karena harus merubah kebiasaan. Namun lama-lama enjoy juga. Dan ternyata kerja di waktu fajar itu malah lebih baik daripada memaksakan diri begadang.

Tapi sebenarnya motivasi utamanya adalah faktor paket internet operator yang dipakai di dalam modem. Iya, sebelumnya saya menggunakan modem Smartfren dengan paket unlimited, Rp49.000/ bulan. Namun semenjak terjadi insiden yang menyebabkan terputusnya jaringan kabel infrastruktur Smartfren bawah laut akibat kena jangkar, beberapa waktu lalu. Kualitas layanan internet Smartfren jadi kacau balau.

Namun, sebenarnya memang bagi pengguna smartfren paket unlimited, penurunan kualitas sangat dirasakan jauh-jauh hari semenjak kampanye I Hate Slow dimulai. Mungkin memang kampanyenya berhasil. Sehingga jumlah pengguna semakin banyak, sedangkan infrastrukturnya tetap. Dahulu Smartfren yang biasanya selambat apapun sinyalnya namun tidak sampai diskonek. Sekarang, putus jaringan di tengah jalan terasa lumrah.
Akhirnya, Smartfren yang dahulu sempat saya banggakan, terpaksa 'diceraikan' dan pindah ke lain hati, XL Axiata dengan teknologi Hot Rod 3G+.

Nah kepindahan ke XL inilah yang akhirnya memaksa saya untuk menyesuaikan jam kerja freelance menjadi fajar hari. Soalnya paket puas begadang yang saya pilih, memberikan bonus paket hingga 11GB yang dapat dinikmati dari pukul 00.01 - pukul 12.00 siang.

Kerja di Waktu Fajar itu Penuh Berkah
Dan tak sekedar janji, kualitas jaringannya top markotop. Apalagi dipakai di waktu malam hari. Kalo di smartfren paket unlimited harus puas di kecepatan download via Internet Download Manager (IDM) maksimal 70 kbps. Maka, dengan paket begadang 5GB di jaringan XL Hot Rod 3G+, rata-rata kecepatan download berkisar 300kbps. Bahkan pernah beberapa kali melewati 1 Mbps! Set dah..
Kerja di Waktu Fajar itu Penuh Berkah
Ajib bener bisa ngerasain kecepatan Download hingga 800 Kbps dengan XL Hot Rod 3G+..
Dari sanalah saya baru merasakan kepuasan menggunakan layanan internet. Sehingga saya merasa rugi kalo nggak kerja di waktu fajar untuk memanfaatkan bonus yang ada. Situs-situs web terkait pekerjaan saya, uang biasanya susah dibuka, kini dengan mudah dapat loading.

Selain mendapat guyuran bonus kuota berlimpah di jaringan yang kenceng. Saya juga mendapat tambahan berkah lainnya. Yakni bisa sekalian shalat malam dan juga shalat subuh di awal waktu.

Sesuatu hal yang sangat mahal dan berharga yang nyaris berantakan, akibat kesiangan karena begadang. Lha tidur saja kadang baru pukul 2 dinihari, mau bangun pagi-pagi? Impossible banget gitu lho..
Kerja di Waktu Fajar itu Penuh Berkah
Apa siangnya saya tidak ngantuk, bangun jam 2 dinihari trus langsung disambung kerja siangnya? Banget! Masuk jam 11 siang mata udah ngantuk berat. Tapi nggak separah kalo begadang yang biasanya disertai dengan sakit kepa sebelah. Kalo yang ini biasanya ngantuk ringan. Diajak tidur-tiduran saat istirahat siang, insya allah biasanya hilang.

Gimana, apakah kamu mau coba? Insya Allah, Kerja di Waktu Fajar itu Penuh Berkah..

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon