Bisnis adalah semangat kewirausahaan. Demam kewirausahaan yang dimulai pada 90-an akhir, menjadi pemantik menggeliatnya kaum muda dalam menterjemahkan semangat kemudaannya dalam rupa kemandirian berusaha.
Bi-Pro Magazine mencoba menangkap semangat tersebut dengan membuat media berbasis daring, yang rencananya akan memuat informasi bisnis sekaligus media promosi bagi para pelaku usaha tersebut.
Bagaimana pun, setiap usaha butuh sosialisasi. Bahasa sekarang disebut branding. Baik yang sifatnya soft (liputan, siaran pers) maupun dengan jalan straight (langsung) dengan memanfaatkan jasa periklanan di media, seperti media Bi-Pro Magazine ini.
Jika dilihat dari usianya, Bi-Pro Magazine masih sangat belia. Resmi di-launching pada 11 Desember 2013 lalu. Dengan semangat ingin Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1, tentu kita semua layak mengapresiasi semangat tersebut. Apalagi, dengan format penerbitan online, ini akan mendukung pula semangat paperless-office. Mengurangi penggunaan kertas.
Hingga saat ini, ada puluhan artikel yang telah diposting. Kita dapat dengan mudah mengakses semua berita dan informasi. Baik melalui menu bar (1) maupun slide news (2) di bagian bawah header. Jika ingin mengetahui berita terkini, cukup geser slide news ke kanan atau ke kiri.
Gambar 1. Tampilan Bi-Pro Magazine |
Pariwara mulai ramai. Pembaca tentu memahami bahwa nyawa sebuah web berita adalah pada iklan yang mereka terima. Selain itu, iklan yang terpasang, juga menunjukkan Bi-Pro Magazine sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat.
Oya, sesuai dengan temanya yang ingin menjadikan situs ini Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1, maka mari kita bantu mewujudkannya dengan jalan memberikan sedikit analisa.
(Note : Saya akan gunakan bahasa langsung, mohon maaf jika ada yang terlalu menohok. Saya kira cukup banyak review yang terlalu berbunga-bunga, namun tidak menyentuh esensi dari tujuan Bi-Pro Magazine itu sendiri. )
Apa yang pertama harus dilakukan?
Tentu pekerjaan pertama adalah mengisi konten web dengan tulisan yang baik, berita yang aktual dan ragam kisah sukses pebisnis, baik lokal maupun nasional hingga mancanegara, yang akan mampu memberi inspirasi kepada pembaca.
Semangat itu saya lihat sudah ada, namun belum maksimal. Redaksi sepertinya masih tergagap dan belum menemukan pola pemberitaan ala portal berita online. Kita ambil saja, dalam slide berita yang sepertinya disusun berdasarkan tanggal posting, paling banyak hanya empat posting dalam satu hari.
Seharusnya, hemat saya, redaksi bisa menghadirkan lebih banyak konten aktual. Paling tidak, satu kanal berita berisi satu postingan per hari. Artinya, dengan jumlah kanal informasi yang tersedia, tinggal kalikan saja. Maka itulah hendaknya yang menjadi target redaksi dalam mengisi konten.
Jika di media cetak - kita sandingkan dengan majalah edisi bulanan, karena sama-sama menganut format magazine - cukup satu artikel tiap rubrik dan mempunyai tenggat deadline di tingkat redaksi bulanan rata-rata dua minggu.
Maka di redaksi online, tenggat deadline itu adalah setiap saat! Sesuai kesepakatan internal redaksi. Apakah akan naik tiap lima belas menit, tiap setengah jam. Yang pasti, karena sifat media online adalah kecepatan maka mau tak mau, harus menyesuaikan dengan sifat dasar media online.
Jika tidak, Bi-Pro Magazine akan terjebak menjadi semacam situs blog saja.
Mengapa harus banyak konten?
Terlepas dari mengikuti sifat dasarnya, konten website yang kaya akan mengundang pembaca dan yang lebih penting lagi, menaikkan kredibilitas website itu sendiri.
Alasan datangnya pembaca ke sebuah website berita ataupun penyedia informasi, adalah untuk mendapatkan berita terbaru. Jika pun bukan berita terbaru, maka mereka ingin mendapatkan berita yang menarik. Jika pembaca saja malas datang, karena beritanya itu-itu saja serta kontennya tidak unik - cenderung sama dengan konten website yang sejenis, maka bisa dipastikan pengunjung akan sepi.
Jika pengunjung sepi, bagaimana mungkin pelaku usaha tertarik dengan website tersebut?
Desain
Gambar 2. Tampilan iklan mengambang yang cukup mengganggu. |
Popularitas
Dari bulan November 2013 - April 2014, secara kasar sudah lima bulan website ini berdiri. Seharusnya website ini sudah banyak mengindeks berita-beritanya di Google, Bing atau mesin pencari lainnya.
Karena bagaimana pun, sebagian besar arus pengunjung website datang melalui mesin pencari. Mari kita uji dengan dua website bantuan untuk melihat peringkat PR (pagerank) Google dan peringkat Alexa.
1. PageRank Google
Redaksi harus kerja keras mengurus hal ini, mengingat dengan tidak tersedianya ranking ini, maka setiap halaman berita yang ada di Bi-Pro Magazine sulit untuk terindeks dan masuk ke dalam pencarian Google.
2. Alexa
Melalui situs pemeringkat ini pula, kita juga mengetahui bahwa peringkat Alexa di level dunia masih di atas 1 juta dan untuk wilayah nasional saja masih berkisar empat belas ribuan. Hal ini sekali lagi masih menjadi PR besar redaksi dan manajemen Bi-Pro Magazine jika ingin benar-benar mewujudkan diri sebagai Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1.
Dari laman web yang sama, kita juga bisa melihat jumlah link yang masuk. Sayangnya, dari ke lima link besar yang menjadi penyuplai back link tersebut, tidak ada yang penting (baca : situs kredibel) bagi peningkatan popularitas situs Bi-Pro Magazine.
Berdasarkan pantauan, belum ada pengunjung yang datang dari Facebook dan Twitter. Padahal Bi-Pro Magazine sendiri sudah punya akun Facebook dan rutin memberikan link langsung ke setiap postingan. Begitu pula dengan Twitter.
Gambar 6. Tampilan Fanpage Bi-Pro Magazine dengan 675 Like bergabung sejak 14 Nov 2013 |
Gambar 7. Tampilan Timeline Bi-Pro, baru gabung per tanggal 22 Maret 2014 |
Selain PR di bidang peningkatan popularitas websitenya, saya kira pendekatan off-air juga bisa dilakukan. Seperti menjalin sinergi dengan berbagai pihak yang berkepentingan, memetakan komunitas entrepreneur, barter iklan dengan aneka benefit yang diharapkan, kerjasama voucher diskon dan sebagainya.
Selamat bekerja Bi-Pro Magazine. Saya tunggu perbaikan mendasar dalam menyajikan dan pengayaan kontennya.
Kawan sejati ada di saat terpuruk
Memberi pegangan bukan ikut terpuruk
Tak juga memberi sanjungan yang muluk-muluk
Fans yang setia jujur memberi masukan
Di setiap keadaan
Ayo Bi-Pro Magazine Maju Jalan!
Mimpi itu mari bersama wujudkan
1 comments so far
salam sobat ...
kini artikel yang menarik mengenai bi-pro magazine menuju situs bisnis dan promosi nomor 1 ini
semoga bisa menang ya sobat...
kelihatan bandingan blog anda dengan ku beda persis
pokoknya kau yang terbaik..
janagn lupa ya sobat tengok balik
artikelprofesikesehatan.blogspot.com/2014/04/bi-pro-magazine-menuju-situs-bisnis-dan.html
Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon