2010-06-14

Googling bermuara di gugling.com


Baru tiga hari ini saya 'tersesat' ke portal gugling.com ini. Tak menyangkal kalo penarik minat saya untuk datang kedua dan ketiga kalinya karena motivasi ingin ikut lomba review. Tapi, setelah coba saya eksplor ke beberapa menu dan postingan, sepertinya menarik juga.

Menu yang ada cukup lengkap. Dua menu yang berhasil menyabet perhatian saya, ya Berita terutama Berita Teknologi serta 18+ (ehm..). Eits, jangan parno dulu. Saya punya alasan mengapa saya menyukai kedua menu di atas.

Tentang berita, dua jempol deh. Rasa skeptis saya ketika mencoba melihat-lihat ke dalam gugling.com ini, adalah Jangan-jangan situs ini sekedar numpang beken dengan memakai judul gugling. Sebuah istilah yang sangat-sangat familiar bagi web surfer. Saya terusik untuk membuktikan apakah benar situs ini original, atau cuma sekedar situs kumpulan artikel Copas (Copy+Paste).

Saya pun mengklik menu Download. Lega, tidak ada konten ilegal (warez) di sini. Bukan apa-apa. Biasanya, para web master 'oportunis' sering memancing pengunjung dengan memperbanyak item download. Terutama, yang lagi trend. Tidak perduli apakah yang didownload tersebut memiliki hak cipta atau tidak.

Setelah klik menu Download di atas, 50% saya yakin web ini bukan web kacangan. Yang menumpang ide orang lain hanya untuk mendongkrak pengunjung.

Selanjutnya, secara random saya klik beberapa menu. Terutama di bagian Berita Teknologi. Langsung ketemu halaman Mengenal Cara Kerja Layar Sentuh (Touch Screen) . Saya kaget, pembahasannya lengkap banget. Saya sempat baca artikel tentang hape berlayar sentuh di tempat lain. Biasanya hanya penjelasan singkat saja. Atau malah sebagian kecil dari review produk. Tapi artikel ini memang beda. Saya menyukainya karena informasi yang diberikan sangat lengkap dan memenuhi rasa keingintahuan saya. 

Awalnya saya ingin menguji, apakah artikelnya copas atau tidak, menggunakan Copyscape. Tapi ah, apa urusannya. Sudah dikasih info sedemikian tebal dan bermanfaat masih curigaan saja. 

Pilihan acak saya kemudian, jatuh ke menu 18+. Bukan mau cari materi yang bikin otak jadi ngeres. Tapi, mau melihat mind penulisnya seperti apa. Kalo mau web ini jadi situs panutan, ya mind penulis harus jauh dari pengarahan benak pembacanya jadi berpikir cabul.

Beda lho, penulisan seks untuk kebutuhan ilmu dan informasi dengan penulisan artikel yang ditujukan hanya untuk memenuhi syahwat purba anak manusia. Dan, lolos! Artikel yang ada di menu 18+ ini tidak ada yang cabul. (Kecuali niat pembaca udah ngeres duluan, weiiiks..) Nilai informasi yang dikandungnya pun sangat membantu.  

Saya berani mengatakan, hampir semua artikelnya (100%) sesuai kaidah penulisan artikel yang sehat. Artinya, ada informasi bermanfaat yang disampaikan. Dan penyampaiannya tidak tergoda untuk memainkan imajinasi pembaca, hanya agar tulisan ini menarik dibaca sampai habis.

Dari beberapa 'pengamatan lapangan' di atas, ada semacam keyakinan dari admin yang ada di belakang panggung untuk konsisten dengan niat mereka bersama, sesuai dengan tag-nya Situs Info digital terpercaya. 

Lantas apakah ada  yang perlu ditambah dari situs gugling.com ini?

Jelas, tak ada gading yang tak retak. Awalnya, saya ingin menyarankan ada semacam feedback balik dari pembaca yang ingin melengkapi tulisan atau posting yang termuat. Eh, ketemu ikon ini di bagian bawah artikel :

Tambah dua jempol lagi deh buat gugling.com..

Saya klik, dan memang ini ditujukan kepada pengunjung untuk membantu pengembangan isi artikel, sehingga lebih lengkap. Kelemahannya, mungkin, penambahan yang dimaksud hanya ditempatkan di bagian bawah artikel. Akan lebih baik juga bila penambahan artikel yang dimaksud, dibuatkan menu drop down di bagian sidebar. Sehingga, menambah nilai interaktif antara gugling.com dengan pengunjung. 

Terus, saran yang lain, menu facebook yang sudah ada di sidebar ditambahin dengan status terkini. Sehingga, memancing pengunjung untuk ikut berkomentar di facebook. Bukan sekedar memajang logo gugling di facebook saja..

Yang terakhir, nggak salah bila pengunjung (yang telah terdata/loyal) berkesempatan untuk membuat artikel pendek di luar postingan resmi admin. Sekali lagi bisa ditempatkan di bagian sidebar. Sehingga, pengunjung bisa berpartisipasi dalam memposting tulisannya pribadi. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang mengikat. 


4 comments

Salam sukses selalu kuberikan buat para pemenang Kompetisi Blog UII 2010. Tetap semangat untuk berkarya meski hanya melalui sebuah blog. Trims...

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon