2011-05-14

Curhat pengguna SMART paket basic

Denger-denger, SMART sudah mengeluarkan daftar paket dan tarif baru paket SMART per 1 Mei kemarin. Katanya, mulai ada pengetatan bandwith. Ya mudah-mudahan saja, tidak ada perubahan berarti terhadap kepuasan konsumennya. Terutama saya yang baru tiga bulan ini menjadi konsumen SMART.

Saya termasuk yang cukup puas dengan kualitas SMART dengan jaringan EVDO Rev A nya. Yang walaupun berlangganan paket basic yang hanya Rp45.000 per bulan itu, bisa mendapatkan akses internet unlimited. Itupun sudah puas browsing, mendownload lagu dan film. Bahkan, bila surfing di waktu pagi dan tengah malam, kecepatannya bisa tembus di atas 300 kbps! Wow..

Padahal, katanya kan untuk paket basic ini, kecepatan up to 153 kbps saja. Selain itu, nonton Youtube secara streaming  pun bisa dikatakan tanpa buffering yang berarti. Ada sih lag dikit-dikit, namun tidak mengganggu, nggak sampai 2 detik.. Terus, IPnya pun IP dynamic. Walaupun share dengan pengguna yang lain, tak mengapa bila kita hendak download di layanan file hosting seperti Rapidshare, Megaupload, Enterupload hingga Mediafire. Apalagi untuk bermain PTC yang membutuhkan IP unique. Kalau terkendala, cukup restart modemnya, maka IPnya sudah berubah,

So, dengan kebijakan SMART yang baru berupa tarif baru paket SMART, kalaupun tujuannya memang untuk menghemat bandwith atau karena strategi bisnis dengan masukknya Bakrie Tel (AHA!) ke ranah data di kelas EVDO Rev A, besar harapan saya sebagai pengguna SMART tidak mengurangi kenyamanan yang selama ini kami dapatkan.

Terus terang, saya tidak percaya dengan paket data dari operator lain (terutama GSM), yang katanya unlimited tapi nyatanya, pakai kuota sekian Gigabyte. Tapi dengan SMART, saya sudah merasakan kepuasan yang sangat berarti. Hidup SMART!

Note disclaimer : Saya bukan orang marketing SMART, dan keluarga saya tidak ada yang bekerja di SMART. Jadi, walaupun tulisan ini dari saya pribadi namun saya berusaha objektif.

----- SMART, Tak Bisa Dipuji ----

Sepertinya, kepuasan yang saya dapatkan kemaren selama Februari hingga Mei 2011, ibarat pengantin baru yang tengah menikmati masa-masa indah bulan madu. Karena, memasuki pertengahan Juni hingga sekarang (akhir Juli 2011) kualitas sinyal SMART (Di tiga tempat, yakni rumah saya (Banyuasin), di Kantor (Angkatan 66, Palembang) serta di rumah mertua (Perumas Sako), jelek -- sangat-sangat jelek. Tidak siang tidak malam. tidak pernah lagi saya merasakan kestabilan sinyal. Bahkan, gmail yang biasanya lancar jaya, lebih sering terbuka versi HTML-nya (koneksi lambat) atau malah muncul pesan Galat...
Sekedar buka Gmail saja, sering GALAT :(

Kecepatan download pake IDM, cuma tembus 12 kbps

Yah, walaupun saya hanya pengguna unlimited paket dasar (Rp 45.000/bulan) dengan jaminan bisa mendapat kecepatan up to 153kbps. Nyatanya, lebih sering dapat hanya 20 kbps. Bahkan di jam sibuk, malah melayu di kisaran 9 kbps.

Speechless -- Bener-bener nggak ada yang tulus kasih murah berkualitas di negeri ini. Hikkss-hiks..

7 comments

pakde..
saya udah terlanjur pake modem GSM
Telkomsel Flash .. bener2 mengecewakan ...
sering putus.. dan kecepatan di batasi dengan istilah 'fairusage' or something (lupa istilahnya)

Turut berduka Pak Fahri..
Saya juga pernah mencicipi beberapa operator lain, mulai CDMA 1x hingga GSM yang katanya sudah HSDPA, tapi kebanyakan pembatasnya cukup banyak..
Ayo pindah ke EVDO..

Sekarang indah lagi nyoba yang paket 2GB, 50rb, puas banget. Sebetulnya pengen sambilan ngukur kira-kira kalo sebulan bisa nyedot sampai berapa giga..

#indah -- Welcome to SMART world.
Tapi, ini berbanding lurus dengan jumlah penggunanya juga. Mungkin berhubung di Palembang masih belum begitu banyak yang pake.. Tapi yang pasti, hampir tidak pernah diskonek

Kalo di daerah saya di bdg, sepertinya AHA yg lagi baik. Saya langganan paket dinamis harian Rp. 6000 dapat quota 500 MB dg kecepatan 6oo Kbps. Sedangkan smart/smartfren langganan yg 384 kbps, ga pernah memuaskan...
Waktu diusut ke smartfren gallery, ternyata saat ini memang sistem smartfren blm siap untuk kebut-kebutan... cek <a href='http://blog.kangdede.web.id/ihateslow-yang-masih-slow/>disini</a>

gan ane pengguna smart udah 1 tahun ane make smart ehh.. pas masuk bulan juli gila mas speed downlaod cuma 3,000 kbps,buka youtube gk bisa,cuma bisa buka facebook,buka twitter 5 menit baru kebuka gila gak gan ini masalahnya modem ane yang rusak apa gara2 banyaknya penguna smartfren di akhir bulan puasa ini TOLONG PENCERAHANYA GAN, stupiedfren live is stupied wkwkkw

#Andi --
Kayaknya ini pengaruh Kampanye Smartfren Anti Lelet berhasil gemilang Gan..

Dan kenyataannya memang seperti itu.

Semakin banyak yang pake, terutama dalam radius yang sama, maka kualitas jaringan lemot yang akan kita dapatkan. Kalo dulu Smartfren begitu stabil, sekarang ia gak malu-malu lagi Disconect di tengah browsing..

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon