2013-05-08

Resensi Buku : Islam Sehari-hari Karya Vbi_djenggotten

Tags

Resensi Buku Islam Sehari-hari -- Ini buku ketiga karya vbi_djenggotten yang menghias rak buku mini saya. Setelah buku 33 Pesan Nabi : Jaga Mata, Jaga Telinga Jaga Mulut dan sekuelnya 33 Pesan Nabi Vol. 2 : Jaga Hati Buka Pikiran.

Resensi Islam Sehari-hari vbi_djenggotten
Dwilogi 33 Pesan Nabi yang wajib dimiliki

Saya secara pribadi sangat bersyukur, ada jenis komik religius seperti komik karya vbi_djenggotten ini. Di tengah arus kebangkitan komik lokal yang dibesarkan oleh generasi manga dan komik Barat, yang cenderung 'sekuler' dan menceritakan kejadian sekitar apa adanya tanpa filter, vbi_djenggotten berani mengangkat tema yang sejuk. Yah paling tidak untuk dua judul buku yang saya sebutkan sebelumnya.

Buku kesekian karya vbi_djenggotten (kalo nggak salah buka ke-4 yang dibuat sendiri, di luar karya kompilasi bersama komikus lain, pun juga kolaborasi dengan istrinya sendiri) ini menghadirkan emosi baru. Ada amarah yang ingin vbi_djenggotten ungkapkan melalui komik ke-4 ini. Dan sebagian amarah itu mewakili kemarahan saya juga secara pribadi terhadap kondisi umat muslim di negara ini.
Resensi Buku Islam Sehari-hari vbi_djenggotten
Bila di kedua buku 33 Pesan Nabi vbi_djenggotten berhasil mendekatkan pembaca dengan cara yang lembut dan sejuk, diwakili dengan beberapa tokoh utama dan cameo yang tak sungkan menangisi diri sendiri karena melakukan dosa. Maka di buku Islam Sehari-hari ini, vbi_djenggotten memutuskan untuk mewakili diri sendiri dalam satu tokoh bersarung ditemani tokoh 'setan' yang mengenakan helm bertanduk, memuntahkan amarahnya dalam panel-panel ekspresif.

Perilaku masyarakat secara individu maupun mewakili organisasi tertentu hingga jamah masjid sekalipun, menyembur tanpa ampun di'marahi' oleh vbi_djenggotten. Bahkan konter hape dan bengkel kaki lima yang jualan hingga menutupi trotoar pun mendapat sorotan sinis dalam gambarnya.

Termasuk fenomena jilbab punuk unta, berpakaian tapi telanjang, berfoto pra wedding, mengabaikan peraturan lalu lintas hanya karena merasa aturan itu buatan manusia bukan buatan Tuhan, dan sebagainya. Merupakan hal-hal sepele namun penting dan sering diabaikan. Fenomena ini dilukiskan dengan penuh kemarahan.

Ini mengingatkan saya dengan buku komik opini Hidup Itu Indah karya Aji Prasetyo. Di mana sinisme dengan kadar yang lebih tinggi digambarkan oleh Aji terhadap fenomena sosial-keagamaan yang sudah menjurus ke radikalisme dan partisan.

Tapi seorang vbi_djenggotten beda. Ia punya aliran sendiri dalam hal mengutarakan opini. Terlepas dari gaya kartunnya yang telah menemukan gaya sendiri, buku Islam Sehari-hari menunjukkan kematangan vbi_djenggotten dalam berkarya.

Saya hanya bisa mendoakan, karya-karya Mas vbi_djenggotten tetap istiqomah dalam menyuarakan Islam melalui komik. Boleh jadi ada sebagian kalangan yang mengharamkan menggambar mahluk yang bernyawa. Tapi, tentu ada pendapat lain yang justru mendukung penggunaan media seni dan hiburan, dalam hal ini komik untuk berdakwah.

Meminjam istilah Ustadz Yusuf  Mansyur, "Dekatkan pencinta dunia kepada Surga, jangan dijauhi". Maka, menjadi tugas seorang vbi_djenggotten dan juga penulis cerita plus komikus muslim untuk mendekatkan para pencinta buku dan komik kepada Islam dengan cara menghadirkan karya yang religius, bermanfaat namun tetap ringan dan menghibur.

Sekian dan terima kasih.

2 comments

Wah, suka sekali dengan pembahasan ini. Saya juga mengkoleksi komik karya mas vbi :) . Semoga karya unik dan mendidik yang islami semacam ini semakin dikenal masyarakat. salam kenal :D

salam kenal kembali mas.
iya mari sama2 mendoakan mas vbi agar istiqamah mengeluarkan karya yg menyejukkan. dan smakin bnyk seniman lain yg sayang dgn ahlak generasi selanjutya.

trims dah berkunjung.. :)

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon