2010-04-21

Rapor Bisnis Online Maret 2010

          Alhamdulillah akhirnya selesai juga bikin laporan bisnis online (BeOL) untuk bulan Maret 2010. Mohon maaf sebelumnya, waktunya telat banget. Habis, sibuk dengan aneka aktivitas offline dan ikut lomba-lomba online. Semenjak sebulan terakhir saya jadi giat mencari info-info lomba. Dan berusaha mengikutinya. 

           Oya, sedikit info tentang bisnis online. Dari sekian banyak BeOL yang saya ikuti, saya cenderung dengan PTC. Selain gampang, juga bisa ngikut yang gratisan. Sempat saya ikut sampai sepuluh buah, namun karena nilainya terlalu kecil jadinya capek sendiri. Maka saya pun cuma mengikut PTC yang masih jelas dan nilainya masih rasional.

           Yuk kita lihat angka-angka rapor saya..


A. Survey online

1. Global Test Market

Survey online berbasis email. Tidak semua undangan bisa kita ikuti, karena setiap undangan ada semacam verifikasi untuk menentukan apakah kita termasuk kandididat yang dibutuhkan atau tidak. Poin yang terkumpul disebut marketpoints. Sejak bulan lalu, marketpoints saya cuma nambah 40 poin. 

________________________

Saldo Poin = 230 (~$11,5)

1 poin = $0,05

Payout Minimum (PO) = 1.000 (~$50)

Link Refferal = N/A (Not available)
________________________

2. AIP Survey

Ini juga survey berbasis email. Sama seperti Global Test Market di atas, setiap survey yang berhasil kita selesaikan, akan diberi poin yang disebut ePoin. Sedikit opsi dari AIP online, ePoin yang berhasil kita kumpulkan bisa ditukar dengan Voucher belanja Mitra Adhi Perkasa (jaringan retailnya meliputi Sogo, toko buku kinokuniya) atau Carrefour atau uang tunai.

________________________

Saldo Poin = 540

Payout Minimum (PO) = 1.000

Link Refferal =  Via email

________________________

3. Survey Gaya Bebas (HATI-HATI SCAM

                 Awalnya saya ragu dengan survey ini. Dari tampilan mukanya agak kurang meyakinkan. Mirip-mirip AWsurvey. Apalagi ada sisipan iklan google Ads. Kok sempat-sempatnya masang iklan, kalo memang situs ini dibiayai dari klien yang membutuhkan survey. Tapi, karena gratis, ya dicoba aja dulu. 

                 Dan terbukti, situs ini dikhawatirkan scam. Karena sudah lebih satu bulan ini, tidak ada pertanyaan/kuisioner lagi. Padahal biasanya sehari bisa sampe 12 pertanyaan.  Ditambah lagi, walaupun saldo saya sudah lewat batas minimum, tapi automatic processor nya  tak pernah mengisi rekening bankku seperti yang dijanjikan. Saya masih menunggu, bila tak ada kelanjutan maka akan saya vonis, Survey gaya bebas adalah scam!

________________________

Saldo Poin = Rp 15.275

Payout Minimum (PO) = Rp 10.000

Link Refferal =  Daftar di sini

________________________

B. Paid to Click (PTC)

1. Palmbux

               Setelah berhasil melampaui PO pertama ($2,0),  saya belum bisa menarik lagi. Soalnya, PO kedua sebesar $4,0. Jadi statusnya menunggu dulu. Tapi sempat khawatir juga, karena barusan menerima email dari Palmbux yang menyatakan proses pembayaran tidak dapat selancar dahulu. Intinya, mohon kesabaran bila permintaan pembayaran tidak lagi instant (untuk PO 2 dan selanjutnya). Sedang untuk PO 1, memang musti melewati proses verifikasi dulu antara 2 - 7 hari.

________________________

Saldo Poin = $ 1,837

Payout Minimum (PO kedua) = $ 4,0

Nilai iklan = $0,002 - 0,008

Link Refferal = Daftar di sini
________________________
 

2. JPHFbux

               Saya cukup percaya dengan situs PTC yang satu ini. Setelah PO 1, saya masih dalam status menunggu. Saya lupa, berapa minimum PO 2. Tapi yang pasti, saya belum bisa PO2. Soalnya pasca akun Paypal JPHFbux sempat dibekukan oleh pihak Paypal, proses pembayaran yang biasanya instant jadi tersendat. Kayaknya mendahulukan member JPHFbux di atas level Ruthenium. Nih tulisan yang muncul saat saya mau payout :  

Jadi yang bisa saya lakukan sekarang, menunggu saja dahulu. Sembari memperbesar saldo. Syukur, iklannya sekarang cukup banyak, antara 9 - 13 iklan per hari untuk member biasa.  

________________________

Saldo Poin = $ 1,254

Payout Minimum (PO 2) = $ 1,000

Nilai iklan = $0,0030 - 0,0004

Link Refferal = Daftar di sini

________________________

3. Milky ways Click

                Saya putuskan berhenti mengklik PTC ini. Iklannya memang banyak, Bisa 12 - 15 iklan per hari, namun nilainya kecil-kecil. Antara $ 0,0001 - 0,0020. Capek! Dah sekian bulan, untuk mencapai limit $1 aja gak sampai-sampai. Sedangkan PTC yang lain, saya malah sudah mau PO yang kedua.

                Selanjutnya, karena sayang cuma 3 PTC di atas yang saya ikuti. Saya tambah dengan PTC baru baik yang luar negeri maupun Indonesia. Ini PTC yang baru saya ikuti :
 

4. Neobux

PTC ini sama persis dengan Upbux. Dalam artian, nilai iklannya sama $0,01 per klik dan setiap terbit muncul 4 - 5 iklan. Dan tak sampai dua bulan saya sudah bisa PO 1 sebesar $2,0. Tak perlu lagi dengan PTC yang ini.

________________________
 Saldo Poin = $ 0,04
Payout Minimum (PO 2) = $ 3,00
Nilai iklan = $ 0,01
Link Refferal = Daftar di sini


5. SNbux

               Ini PTC yang baru. Jadi belum jelas history-nya. Tak apalah saya coba dulu.

 ________________________

Saldo Poin = $ 0,744

Payout Minimum (PO) = $ 3,0

Nilai iklan = $0,002 - 0,008

Link Refferal = Daftar di sini
________________________

6. IDR click

               Ini PTC lokal. Dibayar pake rupiah lewat rekening bank. Saat ini baru melayani dua bank, yakni Bank BCA dan Bank Mandiri. Dilihat dari track recordnya, PTC ini cukup bagus. Mudah-mudahan, benar-benar membayar. Iklan yang ditampilkan bisa mencapai 12 - 15 iklan per hari.


________________________

Saldo Poin = Rp 6.990

Payout Minimum (PO) = Rp 20.000

Nilai iklan = Rp 10 - Rp50 

Link Refferal = Daftar di sini
________________________

6. DB click

               Ini juga PTC lokal dan sama seperti IDR click, kita juga akan dibayar pake rupiah lewat rekening bank. Saat ini baru melayani dua bank, yakni Bank BCA dan Bank Mandiri. Dilihat dari track recordnya, PTC ini cukup bagus. Mudah-mudahan, saya nggak ketinggalan untuk dibayar. Tapi dibanding IDR click, iklannya sedikit cuma 4 - 5 iklan saja per hari.


________________________

Saldo Poin = Rp 6.925

Payout Minimum (PO) = Rp 20.000

Nilai iklan = Rp 25 - Rp 50 

Link Refferal = Daftar di sini
________________________

C. Paid to do something

8. Micro workers

Kalo yang ini, kita bener-bener 'kerja'. Nggak sekedar klik iklan. Macem-macem sih kerjaan yang diberikan. Namun lumayan dibanding PTC. Saya saja, dalam waktu 1 minggu bisa menghasilkan $2,48. Pekerjaannya banyak. Mulai disuruh daftar sana dan sini, pasang link dan review website di blog kita dan sebagainya. Nilai satu kali pekerjaan mulai $0,1 hingga $2,5. Tergantung berat ringan pekerjaannya. Bulan ini saya hanya bisa menambah $0,40. Cukup sibuk dengan aktivitas offair.

________________________
Saldo dolar = $ 2,88

Payout Minimum (PO) = $ 25

Nilai pekerjaan = $ 0,1 - 2,5

________________________

               Sebenarnya masih ada beberapa jenis BeOL yang saya ikuti. Di antaranya ziddu, enterupload, ezlaptop, zaebux dan beberapa PTC lainnya. Namun sebagian besar tidak jelas dan capek juga harus klik ke sana-sini. Jadinya nggak fokus. 

             OK deh semoga bermanfaat!!

            


3 comments

Bagian yang mana belum diupdate? Ini barusan kemaren saya tulis ulang..

saya juga yang survey gaya bebas sudah 15000 nggak ditransfer ke bank. udah beberapa bulan.
kalau global test, berhubung belum mencapai 1000 point jadi belum dapat.
kalau microworkers, saya sudah membuktikan, dapat 12 $.

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon