Cara download video streaming (flv)

Pada prinsipnya, video streaming (biasanya berformat flv), telah tersimpan dalam cokies browser yang kita punyai. Namun masalahnya, videonya musti diputar habis dahulu (buffering), baru cokies-nya otomatis tersimpan. Sedangkan, tidak semua dari kita mempunyai bandwith yang cukup.  Sehingga, dibutuhkan software third party.

Untuk masalah ini, kita butuh dua add-ons yakni yang berfungsi mengenali alamat video di web bersangkutan. Dan add-ons kedua, berfungsi sebagai download manager.

Memang sih bagi yang download-freak sudah ada Internet Download manager (IDM) (bisa hingga 11 channel) dan DAP (Download accelerator plus) untuk versi gratisan. Tapi kebanyakan IDM yang dipake, itu yang udah di-crack. Jadinya ilegal.

Sedangkan DAP, hanya menyediakan 4 channel untuk versi gratisannya. Lagian keduanya merupakan software mandiri yang terpisah dari browser, alhasil bakal memakan resources CPU lebih banyak lagi. Makanya, yuk kita coba add-ons gratisan ini... 

Add-ons pertama : Net Video Hunter

Untuk mendapatkannya, silahkan cari via browser Firefox kamu.

Tools > Add-ons > pilih Tab Get Add-ons.

Di bagian kolom search ketik Net Video Hunter.

Tunggu sebentar, maka di jendela yang sama, akan muncul add-ons hasil pencarian kita. Lalu, pilih Net Video Hunter, terus klik add to Firefox.

Maka akan muncul jendela peringatan :

Klik tombol Install now.

Dan proses instalasi add-ons akan segera berjalan.

Setelah selesai, silahkan restart Firefox kamu.

Add-ons kedua : Down them All!

Cara mendapatkan add-ons ini, sama dengan di atas. Cukup ketikkan nama Down them All! . Tampilan add-ons ini cukup familiar terutama bagi mereka yang hobi download. Ia mendukung multi channel, multi file dan resume.

Letak add-ons ini ada di Tools > Down ThemAll ! > Manager...


Cara Penggunaan
Buka Youtube atau situs berita yang menyediakan video streaming. Kita ambil contoh situs metro TV. Terus pilih video yang ingin didownload. Klik tanda panah (play) yang berada di tengah layar.

Tunggu proses buffering.

Tak perlu diputar hingga selesai, maka ikon kecil bergambar segitiga putih dalam lingkaran biru, yang ada di sudut kanan bawah akan berkedip dan angkanya berubah dari nol menjadi satu atau lebih. Tergantung jumlah video streaming yang di-embed.

Klik dua kali ikon kecil tadi, maka akan tampil jendela Net video hunter. Di dalamnya berisi informasi alamat video, besar file dan pilihan kualitas download (tergantung videonya) serta pilihan untuk memutar (play). 

Bila ingin mendownload langsung via firefox, tinggal klik tombol download, maka file video tadi akan langsung diunduh ke folder default. Enaknya, dengan add-ons ini Kecepatan downloadnya lebih cepat bila dibandingkan dengan youtube downloader, misalnya.

Bila kamu ingin memanfaatkan Down them All (atau program Download manager lain), cukup klik kanan di atas tombol download dan pilih Copy the link of the video file.

Dan silahkan paste ke add URL yang ada di Down Them All.

Bisa klik start untuk memulai, atau add paused bila akan mendownloadnya di lain waktu.  

Happy Download !

2 comments:

Mangcikzaki said...

Mau nambahin terjemahan Bahasa Indonesia
Bagi yang menggunakan Mozilla firefox versi Indonesia
Pilih Alat - Pengaya
muncul kotak dialog Pengaya pilih Unduh Pengaya

Pakde Zaki said...

Oiya, thanks alot Mangcik. Saya kebiasaan pake Firefox berbahasa Londo..

Post a Comment

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...