2010-12-03

Laporan Bisnis Online Bulan Desember 2010

AVG Onbux Paling Stabil

Bulan November merupakan bulan kedua saya menekuni bisnis PTC (Paid to Click) sebagai seorang Clicker. Dan dalam rentang waktu tersebut, saya banyak belajar tentang bisnis dasar sebuah PTC termasuk bagaimana mengelola karyawan yang bernama rented refferal (RR).

Hasilnya memang belum nampak. Karena saya masih di fase kedua, yakni fase untuk merawat dan mengumpulkan RR sebanyak-banyaknya dulu. Fase pertama, adalah pembuktian bahwa PTC tersebut membayar dan bukan scam (menipu) sudah saya lalui.

Dan fase ketiga nanti, adalah fase untuk upgrade keanggotaan saya. Baru setelah itu fase menikmati hasil. Masih jauh dan panjang perjalanan saya untuk menjadi clicker yang menghasilkan. Ya, paling tidak bisa menghasilkan hingga $200 per bulan nantinya, Amin!

Dalam fase ini, kesabaran memang yang paling utama. Sabar untuk menambah RR secara perlahan dulu. Tidak terburu-buru. Ada tujuh PTC yang saya ikuti. Yakni : Neobux, Onbux, Palmbux, Incrasebux, VIPclix, IDR Click It dan DB Clix.

Kecuali Incrasebux dan VIP clix, lima PTC sedang saya seriusi dalam artian sudah mempunyai RR, karena dari kelimanya sudah pernah merasakan cashout. Dan dari kelimanya, hanya Onbux yang AVG-nya paling stabil. Sedangkan Neobux walaupun masih bagus, tapi secara keseluruhan tak sampai 60% yang mempunyai AVG di atas 2.0. PTC Palmbux baru diseriusi tanggal 20/11 yang lalu dan AVGnya masih lumayan. Nah, yang paling berantakan adalah IDR Click It dan DB Click.  

Indikator yang saya perhatikan adalah pengumpulan main balance dan berapa RR yang bisa disewa dari main balance tersebut. Onbux mencatat kenaikan RR dari 3 di awal bulan menjadi 15 di penutupan. Jumlah RR yang berhasil dikumpulkan selama November sebanyak 12 RR. Dengan rata-rata 3RR tersewa setiap minggu. Neobux, hanya mampu menyewa 3RR (Dari 23RR → 26RR), DB Clix 12 RR (Lupa perubahan yang terjadi) dan IDR Click It (6 RR). Palmbux cukup prestatif, dalam sepuluh hari diseriusi, sudah bertambah dari 3RR menjadi 8RR. 

Mungkin ada hubungannya dengan kesabaran untuk tidak menyewa RR terlalu buru-buru, hingga dapatnya pun yang jelek. Seperti yang saya alami dengan Neobux (3 → 13 → 23 → 26RR) hasilnya AVG RR begitu buruk. Sedangkan Onbux saya sewa secara perlahan (3 → 6 → 9 → 12 → 15RR), AVGnya sangat stabil, sehingga setiap minggu mampu menyewa 3 RR, karena dana penyewaan dan recycle begitu rendah.

Dan inilah catatan aktivitas lima PTC yang saya ikuti (Angka yang tertera dalam banner di bawah merupakan total penerimaan sejak saya ikut..) :

1. Neobux (28 hari)

Jumlah pendapatan = $ 8.75 

AVG Pendapatan = $ 0.44 / hari

Jumlah RR = 26

Jumlah AVG klik = 42.62 klik/hari  

AVG RR = 1.79

2. Onbux (28 hari)  

Jumlah pendapatan = $ 6.44

AVG Pendapatan = $ 0.32 / hari

Jumlah RR = 15

Jumlah AVG klik = 29.18 klik/hari  

AVG RR = 2.53

3. Palmbux (11 hari)

Jumlah pendapatan = $ 0.49

AVG Pendapatan = $ 0.02 / hari

Jumlah RR = 8

4. IDR Click it (28 hari)

Jumlah pendapatan = Rp 17.700

AVG Pendapatan = Rp 632.14 / hari

Jumlah RR = 9

5. DB Clix (28 hari)

DbClix

Jumlah pendapatan = Rp 28.690

AVG Pendapatan = Rp 1593,89 / hari

Jumlah RR = 12

Catatan tentang Incrasebux

Sudah 30 hari (tepatnya tanggal 2/11), sejak saya mengajukan request PO, dana (cuma) $2.16  belum masuk juga ke rekening Paypal.

Andai saja, saya tidak membaca postingan yang ada di forumnya, mungkin saya sudah tutup akun di PTC ini. Pasalnya, lama banget verifikasinya. Palmbux saja, tidak sampai 15 hari proses verifikasi anti Fraud-nya. Kok ini lama sekali, sudah satu bulan.

Ternyata memang seperti itu aturan yang berlaku di Incrasebux. Member harus upgrade dulu keanggotaannya ke verified (sebesar $3.5) untuk setahun. Barulah, pembayarannya instant sebagaimana Neobux. Belum berhenti sampai di sana, besarnya payout yang diminta harus memenuhi aturan berikut ini : 

Ugh, capek dech.. Belum juga dibayar PO pertama, sudah ngeri duluan untuk dapat bertahan di PTC ini. Niat saya sih, kalo dananya udah masuk, mau saya tutup saja akun di sini. Tidak ramah dan sangat menyebalkan.

Dan keunikan lain dari Incrasebux (yang juga bikin kesal) adalah sangat sulit untuk menyewa referal. Hanya buku pada satu waktu saja, menurut forum antara jam 5 – 6 pagi. Itu pun sangat sedikit. Sampai saat ini, saya tidak berhasil menyewa RR. Katanya harus upgrade keanggotaan dulu, terus investasi baru deh baru bisa ikut berebut RR yang memang sangat sedikit.

Sekali lagi, capek deghh.. 

Sedangkan bisnis online yang saya ikuti, berikut laporannya :

1. Microworkers

Alhamdulillah, situs survey ini benar-benar membayar. Tapi tidak cash out, harus menunggu kurang lebih 20 hari untuk menerima PIN yang dikirim via pos, dari Slovenia. Cerita selengkapnya ada di sini.

2. AIP Online Surveys


3. Global Test Market

Seperti terlihat dalam gambar di bawah, market point saya sudah 605. Masih menunggu hingga 1000, untuk meminta payout $50. Iseng-iseng saya cari pakai keyword, bukti pembayaran Global Test Market. Ternyata banyak netter, yang sudah menerima pembayaran via cek yang dikirim ke alamat langsung.

Nah, permasalahannya beberapa yang orang sudah menerima tetapi kesulitan mencairkannya karena beberapa bank lokal menerapkan fee yang besar sekali, hingga menyentuh $40 ! Bayangkan, kalau yang diterima cuma $50. Berapa yang bisa dibawa pulang.

Iseng saya kirim email ke support centre-nya, mengapa pembayarannya tidak menggunakan Paypal saja. Begini cuplikan emailnya, dengan bahasa Inggris alakadarnya (He-he...)

Dear GTM admin,
how if GTM give a reedem by Paypal not with check?
Coz, in my country Indonesia, fee for cash the check is near $40.
So, when my check amount only $50, so I just receive $10.
Its so little for what I do in months.
Thanks

Dan jawaban dari adminnya :




Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon