2011-08-02

IDR Click It Tumbang!

Seusai tarawih malam ketiga tadi, seorang rekan clicker via japri, memberitahu bahwa pelopor PTC lokal IDR Click It, sudah tutup layanannya. Ketika saya buka homepagenya, benar saja. Ada pengumuman dari adminnya. Polos bener, nggak ada layout sama sekali. Kayak kertas putih..

Intinya, IDR menyatakan minta maaf tidak bisa meneruskan kembali bisnis IDR Click it, dikarenakan tidak imbangnya antara iklan yang masuk dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh salah satu pelopor PTC lokal ini. Berikut saya kutipkan sebagian pengumuman di halaman webnya :
Yth. Seluruh Member IDR-Clickit.
Kabar ini kami umumkan berdasarkan evaluasi yang telah kami adakan.
PTC IDR-Clickit ini akan kami tutup.
Keputusan ini kami ambil berdasarkan kecenderungan fluktuasi pemasukan dan pengeluaran PTC IDR-Clickit ini yang tidak lagi terlihat imbang, jumlah pemasangan iklan telah cenderung turun sampai kepada ambang batas yang dapat ditanggung, sehingga iklim bisnis di PTC IDR-Clickit ini kami anggap telah tidak lagi sustainable untuk dilanjutkan kedepan.
Hmmh.. menyedihkan juga.
Mengingat, PTC ini cukup berjaya di tanah air. Yah, begitulah yang terjadi di dunia PTC. Bisnis online yang ditakdirkan berakhir scam. Begitu salah seorang Kaskuser pernah menyebut tentang bisnis ini. Dan terbukti.
Tidak, saya tidak ingin menghakimi atau tertawa di atas sebagian besar kegalauan clicker. Saya juga prihatin, karena saya juga ikut PTC tersebut sebagai member standars dan pernah merasakan dibayar PO dua kali.

Namun, sejak Neobux menurunkan rate click-nya dan Onbux divonis Scam, saya memutuskan akan segera berhenti bermain PTC. Hanya menyisakan beberapa PTC, karena saldonya sebentar lagi akan PO.

Bahkan, akibat terseret arus 'kebangkrutan' IDR Click it ini, PTC lokal lain kena getahnya. Zonaclix misalnya, dikabarkan langsung down-under maintenance, karena banyaknya membernya yang melakukan penarikan invest sehingga terjadi Rush.

Termasuk juga situs Indostarbux, pada Ahad (7/8) situsnya kena deface. Tertulis di main bar-nya tertulis : Hacked by blackscreen, Senin (8/8) di halaman home-nya sudah berganti undermaintenance.

Hacked by blackscreen di home Indostarbux (Minggu, 07/08)
Tampilan Indostarbux pada Senin (08/08)

Dclix juga kena efeknya. Namun, patut diacungin jempol buat clicker di DBClix. Mereka bergotong royong membantu stabilitas DB Clix agar bertahan dan agar AVG-nya cepat stabil. Para member menyumbang pemasangan iklan mini dan micro.



Selamat berjuang!! Soalnya saya juga tengah menunggu proses audit PO kedua saya, selaku member standar. Tapi melihat kondisi seperti ini, ya apa boleh buat, saya menunggu saja sambil prihatin.

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon