2013-04-03

Hidup ini Bukan Undian, Bung!

Tags

Saya seperti merasa bahwa doa saya di pangkal tahun 2012 lalu terkabul. Sebenarnya bukan doa secara langsung sih, tapi semacam slogan yang saya ucapkan di hadapan teman-teman sekantor saat berlangsung kegiatan Morning Break. Yang kira-kira bunyinya begini :

"Tahun 2011 (dan sebelumnya) adalah tahun berlomba, tahun 2012 tahun kerja keras"
Maksud ucapan saya itu, terkait dengan keberhasilan saya memborong banyak hadiah dari berbagai lomba dan kuis yang saya ikuti di internet sejak akhir tahun 2009. Memang banyak sekali hadiah saya dapat - sebagian besar adalah gadget idaman, yang di mata orang lain mungkin sebentuk keberuntungan. Namun tak seorang pun yang saya beritahu tentang kerja keras dan kerja malu selama mengikuti lomba dan kuis yang ada.

Nah, ternyata di tahun 2012, masih saja ada lomba yang nyangkut. Baru di tahun 2013 ini saya benar-benar merasakan atmosfer kerja keras itu. Saya memutuskan memanfaatkan malam-malam saya untuk diisi dengan cari tambahan di internet. Bukan dengan lomba, bukan pula dengan earning online yang hasilnya sampe sekarang tidak pula tampak hasilnya, atau bukan pula bisnis online.

Ya baru di tahun 2013 ini, keinginan untuk freelance itu dikabulkan oleh Allah Swt. Bermula dari tawaran untuk mengisi lahan infografis dari HU Beritapagi, koran lokal tempat dulu saya pernah bekerja - resign awal 2011, kemudian datang pula tawaran dari Dompet Dhuafa Sumsel untuk menulis bagi webnya (www.ddsumsel.org).

Maskot Martabak Pink
Maskot Martabak Pink Mas Afin
Ngebantu teman yang belajar jualan Martabak Manis
tapi pede dengan brand sendiri

Infografis Kecelakaan Kapal Tongkang
Infografis Kapal Penumpang ditabrak Kapal Tongkang
(Terbit di HU Beritapagi 27/9/2012)

Infografis Susunan (Line Up) Pemain SFC VS Arema
(Terbit di HU Beritapagi 24/2/2013)
Alhamdulillah, paling tidak hingga saat ini, hasil dari keduanya bisa membayar cicilan motor yang memasuki bulan keenam ini, bisa membayar tanpa menyentuh uang gaji. Di luar itu, saya juga membuka diri untuk menjalani jasa freelance di bidang penerjemahan dan pesanan grafis berbasis vektor.

Apa maksud saya berbagi cerita ini?
Tak lain dan tak bukan adalah untuk memenuhi aspek sunnatullah. Bahwa langit tidak dicipta dalam satu malam. Bahwa kesuksesan tidak berlangsung dalam sekejap sahaje (halah.. ini bawaan nonton Ipin-Upin).

Benar, bahwa sebelum saya sampai pada keputusan untuk larut dalam freelance ini saya sudah celingak-celinguk di bidang lain yang kemungkinan menghasilkan uang dari internet. Tapi nyatanya, tak semanis omongan orang dan tak selurus dengan minat, kemauan serta kemampuan (finansial) untuk meniru sebenar-benar kesuksesan orang lain.

Tak mengapa bila kita harus membuka jalan baru untuk usaha yang akan kita lakukan kemudian. Tak perlu risau lalu galau, bila kesuksesan orang lain tak pula mengiring perjalanan kita. Susah payah itu pasti! Ingat pasti! Dan curigalah bila kita mendapatkan sesuatu secara cepat. Bak bintang jatuh, yang mampu mengabulkan permintaan anak kecil dalam semalam.

Percayalah teman, Hidup ini Bukan Undian! Ada kerja keras yang harus dilalui untuk mencapai kesuksesan. Yang penting sekarang adalah tetap bergerak!

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon