2014-12-18

Cari Uang di Internet dari Survey Online

Survey Online -- Menjadi anggota panel survey online di internet adalah sesuatu yang menyenangkan. Hanya dengan mengisi form kuisioner kita akan mengumpulkan poin yang kemudin dapat ditukarkan dengan voucher belanja, check dolar hingga saldo Paypal.
 
Tapi, tahukah kamu, apa itu survey online ? Bahasa sederhananya, survey online adalah survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga survey kepada para anggotanya. Tidak seluruh anggota, tapi hanya yang memenuho kriteria yang telah ditentukan saja.
 
Survey dilakukan dengan mengirimkan undangan kepada peserta terpilih melalui email. Lalu diminta untuk mengisi kuisioner secara online.
 
Ada beberapa survey online yang bisa diikuti. Berikut di antaranya yang saya ikuti dan telah menghasilkan. Sebenarnya masih banyak yang lain, namun karena kebanyakan berbahasa inggris jadi tidak terlalu paham untuk diikuti.
 
1. Global Test Market
Walau bukan panel survey online pertama yang saya ikuti, namun survey ini yang pertama terbukti memberikan hasil yang besar. Sampai saat ini, sudah ada cek  $150 yang saya terima dan telah dicairkan. Ceritanya bisa dibaca di SINI.
 
Tips Global Test Market
 
Global Test Market menggunakan nama Market Points untuk menyebut poinnya. Kita butuh seribu market poin untuk dapat ditukarkan (reedem) dengan cek senilai $50. 
 
Seperti survey online pada umumnya, admin GTM akan mengirimkan undangan kepada anggotanya untuk mengisi sebuah proyek survey melalui email. Besaran market point yang diberikan antara 35 - 60 market point. Dan waktu pengerjaannya antara 10-35 menit.
 
Tips Global Test Market
Walaupun gagal mengisi survey, kita tetap diganjar sebesar 5 marketpoint
Jika gagal, kita masih diberi 5 market point. Saya rata-rata menerima 6-10 undangan dalam satu minggu. Tidak semuanya berhasil, karena ada sebagian survey yang menghendaki syarat tertentu. Seperti jenis kelamin, latar belakang ekonomi, usia dan lokasi.
 
Tapi rata-rata, saya bisa mengajukan cek dalam waktu 3-4 bulan. Semuanya tergantung keaktifan dalam memperbarui profil dan merespon undangan survey yang diterima. Semakin cepat undangan survey dijawab, maka semakin sering GTM akan mengirimkan undangan survey.
 
2. AIP Online Survey

Tips Survey AIP Online

Ini panel online lokal yang merupakan franchise dari Jepang. Mereka menyebut poinnya dengan epoin.
 
Berbeda dengan GTM, cukup mudah untuk mencapai 1000 epoin. Karena hanya dengan beberapa kali survey saja, sudah bisa reedem epoin. Dalam satu kali survey yang berhasil dijawab, poin yang diberikan bisa sampai 300 epoin. Tapi kalau gagal masih dikasih 5 epoin.
 
Tips Survey AIP Online
Nih banyak pilihan voucher sebagai hadiah dari AIP Online
Hingga saat ini sudah 5x saya menerima kiriman voucher belanja. Banyak pilihan Voucher yang tersedia. Ada J.Co Donut, Hypermart, MAP, Gramedia, Carrefour, dll. Kalau saya biasanya pilih voucher Gramedia senilai Rp50.000.
 
3. Toluna
Survey ini termasuk baru. Namun bagi saya, juga cukup unik. Pertama, di sini kita bisa buat survey sendiri. Kedua, pilihan hadiahnya juga banyak. Dari mulai Rp20.000 sampai Rp100.000. 
 
Tips Survey Toluna
Termasuk setiap kita selesai survey, selain mendapatkan poin, kita juga mendapatkan satu kupon undian. Untuk mendapatkan beberapa hadiah hiburan.
 
Walaupun baru saya sudah 5x redeem!
Sampai saat ini sudah 5x pula kiriman saldo Paypal masuk ke rekening Paypal. Setiap pengiriman nominalnya Rp20.000. Dengan rate dolar sekarang, rata-rata saya menerima $1.6-$1.4 per pengajuan.
Poinnya pun gede-gede, minimal 3000 dan yang paling besar 7000 poin sekali mengisi survey. Sehingga wajar jika kemudian, walau baru mengikuti, sudah bisa reedem berkali-kali. Karena minimum reedem yang ada, hanya 10.000 poin untuk saldo Rp 20.000.
 
Tips Toluna
Banyak pilihan hadiah survey dari Toluna
Jadi walau nominalnya kecil, namun jika ditekuni lumayan buat ngisi saldo Paypal yang sering nganggur.. :)
 
4. Ipoll
Ini termasuk baru juga saya ikuti. Dan alhamdulillah sudah berhasil mengumpulkan sekitar $10 dari batas minimum pengajuan $15. Dibanding yang lain, survey ini lebih ketat. Jika kita tidak memenuhi kriteria dari undangan survey yang dikirim via email, maka kita tidak akan mendapat apa-apa.
 
Tips Survey iPoll
 
Dan hasil isian survey kita juga akan diverifikasi, apakah mengisinya sembarang, data fiktif atau lainnya. Berbeda survey online yang poinnya instan masuk ke akun kita, di Ipoll verifikasi membutuhkan waktu 1-2 minggu baru masuk ke rekening.
 
Namun semua itu wajar, karena Ipoll tidak memberlakukan poin untuk setiap survey yang kita kerjakan namun langsung dalam bentuk dolar. Minimal satu survey itu sekitar $1 dan paling tinggi yang pernah saya kerjakan itu $2.25. Lumayan banget kan?
 
Tips Survey Online
Tawaran Survey beserta nominal  yang diberikan dari tiap survey
Selebihnya, ada beberapa yang lain seperti Ipanelsurvey, Nusaresearch, Surveysavvy, dan sebagainya. Namun selain karena alasan bahasa di atas, kalo terlalu banyak, yaa.. pusing juga. Setiap survey paling tidak ada minimal 15 pertanyaan dan saya pernah pula mengisi pertanyaan yang banyaknya mencapai 80an pertanyaan.
 
Rahasia mengisi survey online
Berikut beberapa trik berkait mengisi survey online berdasarkan pengalaman saya selama ini :

1. Rajinlah memperbaharui profil akun anda. Ada beberapa profil yang harus kita update terkait data pribadi.
 
2. Aktiflah dalam merespon setiap undangan survey. Jika bisa dalam hitungan jam saja sejak undangan diterima, jangan lewat 12 jam.
 
3. Bacalah baik-baik setiap pertanyaan dan jawaban apa yang diharapkan. Karena sistem panel survey online kadang menyisipkan 'jebakan' di tengah pertanyaan. Tujuannya, untuk memastikan bahwa kita serius mengisi survey tersebut ataukah asal mengisi.
 
4. Berikanlah penilaian yang wajar, jangan lebay. Jangan mencari muka dengan memilih opsi 'Sangat Setuju Sekali', 'Sangat Berminat', 'Pasti akan Membeli' dan sebagainya. Kombinasikan dengan opsi, 'Agak Setuju', 'Mungkin Akan Membeli' dan lainnya.
 
5. Walaupun mungkin saat mengisi tidak bisa konsentrasi dalam menjawab pertanyaan, usahakan jawaban dalam setiap baris itu bervariasi. Bukan straight garis lurus, atau sekali tarik saja. Karena ini akan mengundang kecurigaan sistem  yang ada di setiap panel survey.
 
Rugi kan jika, proses survey langsung di-cut begitu saja di tengah jalan tanpa mendapat poin. Padahal sudah lewat 50% prosesnya.
 
6. Tips rahasia mengisi survey online, saat mucul pertanyaan seperti di bawah ini, maka pilihlah poin 'Tidak satu pun di atas'. Pengalaman saya sih, jika memilih salah satu dari pilihan di atasnya, maka kita akan ditolak di awal-awal survey.
 
 
Demikian sedikit informasi tentang survey online. Semoga bermanfaat. (*)

1 comments so far

"Taps UK" in Engliand refers to pick out from the Bathtub Taps water drinkable and free restaurants and bars in the UK. From the mid-century, the British have worked on Pull Out Kitchen Taps aspects of safe drinking water http://www.cheaptap.co.uk/

Makasih ya udah mampir ke blog Pakde. Besok-besok dateng lagi..
Monggo diisi feedback komennya di bawah ini
EmoticonEmoticon